Sunday, January 18, 2009

Lagi, TKI Indonesia Disiksa

Jakarta, BNP2TKI (13/1) Suniati, seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Cilacap, saat tengah berada di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Sumeisyi, Riyadh, Arab Saudi. Menurut Muhammad Sugiarto, Kepala Bidang Ketenagakerjaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Riyadh, Suniati hingga kemarin belum bisa ditanyai.

"Hari ini sudah bisa duduk dan tidak demam lagi," kata Maria Theresia Jehan Da Gomez, perawat penyelia berkebangsaan Indonesia yang bekerja di RS Sumeisyi, kemarin.

Menurut Maria, korban masih menunjukan trauma. "Kalau tidak dibawa kesini, saya khawatir dia bisa sinting," ujarnya

Luka fisik Suniati menurut Maria amat parah. Seluruh tubuh mengalami luka bakar karena siraman air panas, terdapat pula bekas setrika, cambuk, dan bekas irisan pisau di wajah korban. "Mukanya sudah tidak berbentuk lagi, padahal dari fotonya, ia berparas cantik," kata Maria.

Korban dirawat sejak Rabu (6/4) malam menjelang dinihari waktu setempat. "Majikannya sendiri yang mengantar," kata Sugiarto, "Majikannya kini sudah ditangkap," lanjutnya.

Sugiarto mengungkapkan berdasarkan laporan dari seorang staf kedutaan perempuan yang telah melihat kondisi tubuh Sunaiti secara menyeluruh, kondisi TKW kelahiran Cilacap 37 tahun lalu itu sangat mengenaskan..

"Kemaluannya sudah tak berbentuk. Untuk kejelasannya, kami menunggu keterangan tim investigasi," katanya.

Pihak KBRI, menurut Sugiarto, telah mengirim nota diplomatik pada Kementrian Luar Negeri Arab Saudi untuk meminta klarifikasi, dan meminta pelaku diusut dan dihukum sesuai aturan yang berlaku.

0 comments:

Post a Comment

Design by Free blogger template